6 Pura di Bali yang Indah dan Mempesona Ini Wajib Sekali Dikunjungi

Pulau Dewata Bali memang sebutan yang sangat pas untuk menggambarkan Pulau Bali. Pulau ini tidak hanya indah dengan alamnya yang luar biasa menakjubkan, tetapi juga menjadi pulau dengan tempat peribadatan suci bagi umat Hindu. Inilah mengapa setiap orang yang mengunjungi Bali, pasti akan selalu melihat banyak pura indah yang dirawat dengan baik.

Hebatnya lagi, pura besar di Bali selalu meninggalkan nilai sejarah yang tinggi dan mendalam. Sebab, banyak pura yang dibangun sudah lama sekali dan menjadi situs berharga bagi warga Bali itu sendiri. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mengunjungi berbagai macam pura besar dan terkenal yang ada di Bali. Contohnya seperti beberapa pura berikut ini.

Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul 300x189 » 6 Pura di Bali yang Indah dan Mempesona Ini Wajib Sekali Dikunjungi
Pura Tirta Empul adalah salah satu yang paling banyak didatangi wisatawan. Semua itu karena daya tarik mata air sucinya yang biasa dipakai para pemeluk Hindu untuk menyucikan diri. Tirta Empul sendiri memang memiliki arti mata air suci, sangat sesuai dengan keadaan yang ada di sana.

Pura ini juga sering disebut sebagai Pura Tampaksiring, karena memang lokasinya berada di wilayah Tampak Siring, lokasi yang sama dengan istana kepresidenan Tampak Siring. Jika sudah datang ke tempat ini, cobalah untuk membersihkan diri dengan air suci yang mengalir ke kolam.

Pura Luhur Uluwatu
Pura Luhur Uluwatu 300x199 » 6 Pura di Bali yang Indah dan Mempesona Ini Wajib Sekali Dikunjungi
Di Bali, ada yang dinamakan Pura Sad Kahyangan atau berarti Enam Pura Kahyangan. Enam pura ini sangat penting bagi umat Hindu karena memiliki nilai spiritual yang tinggi. Salah satunya yaitu Pura Luhur Uluwatu ini. Hebatnya, pura ini bahkan dibangun di tepi puncak tebing. Tinggi tebingnya sendiri mencapai 70-90 meter dan sangat curam. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik mengunjungi pura bersejarah satu ini.

Selain itu, di Pura Luhur Uluwatu juga kerap digelar Tari Kecak, yang bisa Anda lihat ketika matahari akan tenggelam. Nuansa matahari tenggelam tersebut sangat pas dengan indahnya Tari Kecak.

Pura Taman Ayun Mengwi
Pura Taman Ayun Mengwi 300x200 » 6 Pura di Bali yang Indah dan Mempesona Ini Wajib Sekali Dikunjungi
Pura Taman Ayun Mengwi memiliki desain yang cukup unik dan berbeda dari pura lainnya di Bali. Pura ini bergaya khas Bali tetapi dengan perpaduan arsitektur khas Tiongkok, sehingga menciptakan kombinasi yang unik dan indah. Tidak salah, karena Taman Ayun sendiri memilik arti sebagai taman yang indah.

Di pura ini Anda akan mendapati kolam yang mengelilingi daerah pura itu sendiri. Sehingga tercipta suasana yang sejuk dan asri. Tidak heran jika banyak wisatawan yang ingin mampir ke tempat perbidatan unik dan cantik ini.

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot 300x223 » 6 Pura di Bali yang Indah dan Mempesona Ini Wajib Sekali Dikunjungi
Pura Tanah Lot adalah pura paling terkenal di Bali. Bahkan bagi wisatawan yang baru pertama ke Bali, mungkin pura inilah yang melekat di kepala mereka. Pura ini sangat ajaib, karena dibangun di sebuah batu karang yang sangat besar, tepat di atas batu tersebut. Letaknya pun tidak begitu di tepian, sehingga kadang pura ini seperti ada di laut ketika air sedang pasang. Para pengunjung pun hanya bisa bersinggah ke pura ini ketika air sedang surut. Tidak heran jika Pura Tanah Lot terlihat seperti sebuah keajaiban yang tidak selalu bisa dikunjungi.

Pura Besakih
Pura Besakih 300x200 » 6 Pura di Bali yang Indah dan Mempesona Ini Wajib Sekali Dikunjungi
Apabila Anda ingin mengunjungi pura terbesar di Bali, maka sangat direkomendasikan untuk ke Pura Besakih. Tempat ini sebenarnya adalah perkomplekan pura, di mana ada banyak sekali pura di dalamnya. Namun, komplek pura ini dibangun sangat besar, sehingga Anda mungkin akan kelelahan jika mengunjunginya hanya satu hari. Perlu dua hari untuk menjelajahi semuanya.

Itu tadi adalah beberap pura terkenal di Bali, dan tentu saja masih banyak pura lainnya yang sebenarnya bisa dieksplor lebih dalam. Saking banyaknya pura, tidak heran pula jika Bali sampai disebut sebagai Pulau Seribu Pura.