5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor

Olahraga outdoor tentu harus berhadapan dengan panasnya sinar matahari yang dapat merusak kulit. Jika hanya dengan menggunakan lengan panjang saja tidak akan cukup karena permukaan kulit tidak terlindungi dengan benar. Meskipun sinar matahari sangat bagus untuk kulit, tapi jika waktu olahraga outdoor Anda sedang tidak tepat, tentu panasnya dapat merusak kulit. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah tips-tips sebagai pencegahan kulit rusak dan terbakar.
Olahraga Outdoor yang Juga Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh 300x201 » 5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor
1. Menggunakan tabir surya
Oleskan Tabir Surya Sebelum Berolahraga 300x200 » 5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor
Jika dalam kulit masih terkena sinar matahari dalam waktu pagi hari, tentu akan menyehatkan kulit, tapi jika sudah siang hari, sinarnya yang terik bisa berbahaya bagi kulit sehingga Anda harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahayanya sinar UV matahari.

Berikan tabir surya pada kulit wajah, tangan, serta kaki agar terlindungi dan tidak akan menyebabkan kulit memerah akibat terbakar. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penggunaannya, yakni:

1. Oleskan pada seluruh bagian yang kemungkinan terkena sinar matahari, termasuk belakang telinga maupun punggung kaki dan tangan.

2. Kandungan pada tabir surya wajib yang memiliki maksimal 30 SPF dan didukung dengan kandungan broad spectrum yang membuat kulit aman dari UVA dan UVB.

3. Sebelum berolahraga outdoor, pastikan oleskan tabir surya 15 menit hingga 20 menit sebelumnya agar lebih meresap terlebih dahulu ke dalam kulit.

Jika Anda melakukan kegiatan olahraga outdoor dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya oleskan tabir surya setiap 2 jam sekali untuk melindungi kulit secara terus menerus. Hal tersebut harus dilakukan mengingat keringat akan banyak keluar yang dapat menyebabkan tabir surya yang sudah dioleskan sebelumnya bisa luntur.
Pilih Waktu Olahraga pada Pagi atau Sore Hari 300x167 » 5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor
Maka dari itu, sediakan selalu tabir surya di tas Anda agar sewaktu-waktu Anda bisa mengoleskannya kembali tanpa khawatir akan paparan sinar matahari yang tajam untuk permukaan kulit Anda. Cukup sediakan botol yang berukuran kecil dan yang mudah dibawa ke mana pun.

2. Jangan berolahraga outdoor pada kondisi terik
Hindari Olahraga pada Waktu Matahari Sedang Terik 300x200 » 5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor
Alangkah baiknya Anda jangan melakukan kegiatan berolahraga di lapangan atau di taman saat matahari sudah tampak di atas kepala Anda agar terhindar dari kulit yang rusak dan terbakar, karena sinar matahari pada siang hari sangatlah berbahaya. Untuk itulah Anda bisa melakukan olahraga outdoor pada waktu pagi hari antara pukul 6 hingga pukul 9 atau bisa juga pada sore hari di pukul 4 sore hingga pukul 6.

3. Cari area yang cukup teduh
Pilih Area yang Memiliki Banyak Pepohonan 300x191 » 5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor

Kalau Anda sudah terlanjur berolahraga pada siang hari, sebaiknya carilah area yang teduh untuk melanjutkan kegiatan Anda. Anda bisa mencari area yang rimbun dengan pepohonan, sehingga sinar matahari tidak terkena pada kulit Anda.

Anda yang mungkin sedang berolahraga bersepeda atau jogging bisa mencari area yang memiliki banyak pohon. Tapi jika olahraga berenang yang Anda lakukan, carilah kolam yang memiliki gedung-gedung tinggi di sekelilingnya atau lebih baik lagi kalau ada penutupnya di atas kolam renang tersebut.

4. Kulit wajib terlindungi dengan pakaian yang tepat
Pilih Pakaian yang cocok Untuk Olahraga Outdoor 300x157 » 5 Tips Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Saat Olahraga Outdoor
Selain menggunakan tabir surya, tentu kulit harus terlindungi dengan pakaian yang tepat. Anda bisa menggunakan pakaian yang berlengan panjang dan celana khusus olahraga yang panjang hingga sampai ke mata kaki. Pilih juga bahannya yang mudah menyerap keringat agar Anda tidak mudah gerah dan kepanasan saat berolahraga.

Tips di atas hanya sebagai solusi untuk mengurangi sinar matahari yang terlalu berlebih untuk kulit Anda. Kalau Anda ingin terkena sinar matahari yang dapat menyehatkan kulit, berolahragalah di waktu pagi atau sore hari agar kulit mendapatkan vitamin D, karena justru tanpa itu, kulit akan mudah berisiko terkena kanker. Karena itulah, pilihlah waktu yang sesuai.