4 Aplikasi Android Paling Keren dan Bermanfaat Karya Anak Bangsa

Bukan tanpa alasan Android menjadi sistem operasi gadget yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Salah satu faktor kuat yang mendasarinya adalah Android menjadi platform open source yang memungkinkan siapa saja untuk menciptakan dan menyebarluaskan aplikasi buatan sendiri sehingga mendukung kreativitas pengguna. Lazimnya pencipta aplikasi tersebut memiliki perusahaan start-up.

Aplikasi Android Asli Indonesia Dengan Rating Tertinggi

Google Play merupakan wadah kreasi para pencipta aplikasi Android untuk mengenalkan aplikasi besutan mereka untuk diunduh oleh para pengguna Android di seluruh dunia. Dapat diunduh secara gratis, tetapi ada pula yang berbayar. Untuk buatan anak bangsa sendiri, berikut adalah daftar aplikasi gratis yang banyak diunduh dan mendapat feedback positif :

– Go-Jek
Go Jek 300x158 » 4 Aplikasi Android Paling Keren dan Bermanfaat Karya Anak Bangsa
Aplikasi transportasi online ini merupakan salah satu aplikasi Android yang paling banyak diunduh di Indonesia, sekaligus pula menjadi perusahaan start-up pertama yang sukses dan menjadi inspirator perusahaan serupa. Go-Jek semula hanya menyediakan layanan ojek online, tetapi kini sudah menambah layanan dengan Go-Food, Go-Ticket, dan lain-lain yang semakin memudahkan pengguna.

User interface aplikasi Go-Jek pun sederhana tapi cantik dengan dominasi warna hijau dan putih. Aplikasi tersebut juga sangat mudah digunakan dan akurat dalam pendeteksian alamat melalui GPS. Saat ini, aplikasi Go-Jek di Google Play sudah diunduh sebanyak 10 juta kali dengan rating pengguna mencapai 4,4 yang tergolong sangat bagus.

– Traveloka Book Flight & Hotel
Traveloka 300x169 » 4 Aplikasi Android Paling Keren dan Bermanfaat Karya Anak Bangsa
Aplikasi Android asli Indonesia yang memiliki jumlah pengunduh dan rating seimbang dengan Go-Jek adalah Traveloka. Para traveler tentu sudah tidak asing dengan salah satu aplikasi penyedia akomodasi perjalanan terpopuler di Indonesia ini. Dengan logo berbentuk menyerupai burung dan dominasi warna biru, Traveloka sangat mudah digunakan dan juga praktis.

Pengguna dapat memesan tiket berbagai jenis transportasi, mulai darat, laut, hingga udara. Berikut pula dengan penginapan, Traveloka bekerja sama dengan banyak penginapan di seluruh Indonesia hingga luar negeri sehingga dapat menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan booking manual. Selain transportasi dan akomodasi, pengguna juga dapat mengisi pulsa melalui Traveloka.

– Tokopedia Online Shopping & Mobile Recharge
Tokopedia 300x158 » 4 Aplikasi Android Paling Keren dan Bermanfaat Karya Anak Bangsa
Tokopedia merupakan aplikasi Android asli Indonesia ketiga dengan jumlah pengunduh dan rating sama dengan kedua aplikasi sebelumnya. Tokopedia sendiri merupakan perusahaan e-commerce populer. User interface Tokopedia menarik dengan ikon lucu dan warna hijau cerah menyegarkan. Pengguna dapat melakukan jual beli online maupun mengisi pulsa atau membayar tagihan melalui aplikasi Tokopedia.

– Babe – Baca Berita
Babe Baca Berita 300x188 » 4 Aplikasi Android Paling Keren dan Bermanfaat Karya Anak Bangsa
Babe merupakan portal berita online yang sudah sangat populer sebelum kemudian turut membuat aplikasi Android untuk memudahkan pembaca. Kontributor berita di Babe terbuka untuk semua pihak asalkan berita yang ditulis kredibel dan disetujui editor. Berita yang disediakan pun beragam dan cukup berimbang sehingga digemari oleh para pembaca.

Untuk versi aplikasi Android sendiri, Babe menggunakan ikon mirip karakter Betawi, sosok berkumis tebal dan berpeci hitam. User interface-nya didominasi warna oranye yang cerah. Aplikasinya pun ringan sehingga tidak memakan banyak space. Babe sudah diunduh sebanyak 10 juta kali dengan rating sebesar 4,3 sedikit lebih rendah dibanding ketiga aplikasi sebelumnya.

Aplikasi Android Asli Indonesia Perlu Diapresiasi

Keempat aplikasi di atas membuktikan bahwa anak bangsa pun tidak kalah berbakat dalam menciptakan aplikasi-aplikasi Android yang bagus dan juga berguna untuk masyarakat. Hal ini patut diapresiasi agar semakin banyak anak bangsa yang kreatif dalam menciptakan aplikasi-aplikasi serupa, di mana selain memudahkan berbagai keperluan pengguna smartphone, juga membanggakan negeri.